Selasa, 06 Juni 2017

Coaching Clinic Pembina/Pelatih Olahraga di Lingkungan Pesantren 2017



DISPORA Pembudayaan Olahraga - Sebagaimana yang tertuang dalam Undang – Undang RI Nomor 20 Tahun 2003, Tentang : Sistem Pendidikan Nasional antara lain menyebutkan bahwasannya Pendidikan Keagamaan dan Pesantren merupakan bagian integral dari sistem Pendidikan Nasional, atau dengan kata lain Pendidikan di lingkungan Pondok Pesantren merupakan sub sistem dari Sistem Pendidikan Nasional, yang mempunyai tujuan menciptakan sumber daya manusia yang ber Iman dan Bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, Cerdas, Terampil, Berkepribadian, Mempunyai Jiwa Kompetisi/Daya Saing yang Tinggi, Mandiri dan seterusnya.


Oleh karena itu, maka berdasarkan amanat Undang-Undang tersebut diatas, sangatlah wajar apabila proses/pelaksanaan pendidikan di lingkungan Pondok Pesantren mendapatkan porsi perhatian yang sama dengan komponen pendidikan yang lain, termasuk dalam hal pembinaan dan pengembangan Olahraga dan Seni.

Para Santri, yang notabene adalah merupakan bagian dari generasi muda kita, sebagaimana peserta didik dilingkup pendidikan yang lain, juga harus mendapatkan porsi pembinaan dan pengembangan olahraga dan seni, sehingga diharapkan para santri ini juga mampu memberikan konstribusi bagi bangsa dan negara melalui raihan prestasi yg optimal dibidang Olahraga dan Seni.

Pemerintah melalui Panitia Tetap Bersama POSPENAS secara berkala (3 tahun sekali) menyelenggarakanPekan Olahraga dan Seni antar Pondok Pesantren Tingkat Nasional (POSPENAS).


Menyikapi atau merespon kebijakan Panitia Tetap Bersama POSPENAS tentang penyelenggaraan POSPENAS dimaksud, maka Pemerintah Provinsi Jawa Barat, dalam hal ini Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jawa Barat, bersinergi dengan Kementerian Agama Kantor Wilayah Provinsi Jawa Barat menetapan tahapan mengikuti dan meraih prestasi optimal pada setiap multi event POSPENAS sebagai berikut :
  1. Tahap I : menyelenggarakan Pekan Olahraga dan Seni Pondok Pesantren Tingkat Wilayah (POSPEDAWIL), sebagai ajang seleksi menuju POSPEDA Tingkat Provinsi;
  2. Tahap II : menyelenggarakan Pekan Olahraga dan Seni Pondok Pesantren Tingkat Daerah (POSPEDA) Tingkat Jawa Barat, sebagai ajang seleksi Pembentukan Kontingen Jawa Barat mengikuti POSPENAS;
  3. Tahap III : Pengiriman Kontingen Jawa Barat pada POSPENAS.
Sesuai dengan tahapan tersebut, maka pada Tahun 2017 ini akan digelar Pekan Olahraga dan Seni antar Pondok Pesantren Tingkat Wilayah (POSPEDAWIL) Jawa Barat, dan sebagai salah satu langkah penguatan kontingen Jawa Barat, untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas para Pembina/Pelatih Olahraga di lingkungan pesantren se- Jawa Barat maka Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Pemuda dan Olahraga menyelenggarakan Coaching Clinic Pembina/Pelatih Olahraga di Lingkungan Pesantren Tingkat Jawa Barat Tahun 2017.

Kegiatan Coaching Clinic Pembina/Pelatih Olahraga di Lingkungan Pesantren Tingkat Jawa Barat Tahun 2017 dilaksanakan dengan tujuan :
  1. Dalam rangka mensosialisasikan, dan menggelorakan pembinaan Olahraga di lingkungan pesantren di Jawa Barat ;
  2. Menambah kuantitas/jumlah pembina/pelatih olahraga di lingkungan pesantren di Jawa Barat;
  3. Meningkatkan kemampuan para pembina/pelatih olahraga di lingkungan pesantren di Jawa Barat dalam hal ilmu pengetahuan.
  4. Menjadikan Kontingen Jawa Barat sebagai Juara Umum pada POSPENAS Tahun 2019.
Sasaran dari penyelenggaraan Kegiatan Coaching Clinic Pembina/Pelatih Olahraga di Lingkungan Pesantren Tingkat Jawa Barat Tahun 2017 adalah para pembina/pelatih olahraga di lingkungan pesantren se-Jawa Barat, Cabang olahraga yang diberikan coaching clinic sesuai dengan Cabang Olahraga yang dipertandingkan pada POSPEDA Tk Jabar dan POSPENAS sebanyak 10 cabang Olahraga yaitu Atletik, Bola Basket, Bola Voli, Bulutangkis, Futsal, Hadang, Pencak Silat, Sepak Takraw, Senam Santri, Tenis Meja. Dengan Jumlah Peserta dalam kegiatan ini adalah sebanyak 270 orang yang berasal dari 27 Kabupaten/Kota se-Jawa Barat, Kegiatan Coaching Clinic Pembina/Pelatih Olahraga di Lingkungan Pesantren Tingkat Jawa Barat Tahun 2017 ini dilaksanakan pada :
A. Angkatan 1 (Cabor Bola Basket, Bola Voli, Futsal) : 3 - 6 April 2017;
B. Angkatan 2 (Cabor Bulutangkis, Sepak Takraw, Tenis Meja) : 10 - 13 April 2017;
C. Angkatan 3 (Cabor Atletik, Hadang, Pencak Silat, Senam Santri) : 15 – 18 Mei 2017.

Seluruh penyelenggaraan kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Isola Resort UPI Komplek UPI Bandung Jl. Setiabudhi No. 229 Bandung, sebagai Narasumber pada kegiatan Coaching Clinic Pembina/Pelatih Olahraga di Lingkungan Pesantren Tingkat Jawa Barat Tahun 2017 ini merupakan orang-orang yang berkompeten di bidangnya, yaitu :
  • Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat;
  • Staf Pengajar / Dosen Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (FPOK) UPI Bandung; dan
  • Komunitas Olahraga Tradisional Indonesia (KOTI) Jawa Barat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar