Senin, 29 Mei 2017

Dominasi Popwilda Jabar 2017, Kota Bandung Gagal Loloskan Sepak Takraw ke Popda Jabar 2018


Kota Bandung tampil dominan dengan meraih 27 medali emas dan 5 medali perak pada pelaksanan Pekan Olahraga Pelajar Wilayah Daerah (Popwilda) wilayah IV di Kabupaten Ciamis, 15-19 Mei 2017 lalu. Kota Bandung menjadi kota/kabupaten terbanyak peraih medali emas pada gelaran Popwilda Jabar 2017 yang digelar di empat kota/kabupaten.


Pada pelaksanaan Popwilda Jabar 2017, Kota Bandung tergabung di wilayah IV bersama tuan rumah Kabupaten Ciamis, Kabupaten Bandung, Kabupaten Garut, Kabupaten Tasikmalaya, Kota Banjar, dan Kota Tasikmalaya. Kota Bandung berhasil mengalahkan Kabupaten Garut yang meraih 5 emas, 5 perak dan 12 perunggu di peringkat dua. Untuk peringkat tiga di wilayah IV ditempati Kabupaten Bandung dengan 1 emas, 13 perak, dan 12 perunggu.


Sementara untuk wilayah I yang digelar di Kabupaten Sukabumi, kontingen Popwilda Jabar 2017 Kabupaten Bogor menjadi peraih medali terbanyak dengan raihan 14 emas, 4 perak dan 2 perunggu. Disusul Kabupaten Bandung Barat dengan raihan 7 emas, 6 perak dan 13 perunggu dan Kota Bogor dengan raihan 6 emas, 8 perak dan 8 perunggu di peringkat tiga.

Untuk wilayah II, tuan rumah Kota Cimahi menjadi yang terbaik dengan raihan 10 emas, 11 perak dan 6 perunggu. Disusul Kabupaten Bekasi dengan raihan 8 emas, 3 perak dan 9 perunggu di posisi dua. Sedangkan peringkat tiga diraih Kabupaten Karawang dengan torehan 8 emas, 3 perak, dan 9 perunggu.

Dan untuk wilayah III yang digelar di Kabupaten Pangandaran, menjadi milik Kabupaten Cirebon dengan raihan 11 emas, 7 perak, dan 9 perunggu. Diikuti oleh Kota Cirebon di posisi dua dengan torehan 8 emas, 5 perak dan 8 perunggu. Sedangkan di posisi tiga dihuni Kabupaten Kuningan dengan 6 emas, 4 perak dan 8 perunggu.


Kepala Bidang Olahraga Prestasi pada Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Jabar, Nandang Saptari menuturkan, Popwilda Jabar 2017 sendiri merupakan babak kualifikasi bagi setiap kota/kabupaten untuk meloloskan atlet pelajar mereka di delapan cabang olahraga. Yakni bola basket, bola voli, bulutangkis, pencak silat, sepak bola, sepak takraw, tenis lapang, dan tenis meja.

“Peringkat satu dan dua di setiap nomor cabang olahraga, berhak melaju ke Popda Jabar 2018. Dan yang paling banyak meloloskan atlet ke Popda Jabar 2018 adalah Kota Bandung yang berhasil meloloskan semua atletnya di semua nomor di tujuh cabang olahraga. Kota Bandung hanya gagal meloloskan atlet di cabang olahraga sepak takraw,” ujar Nandang saat ditemui di ruang kerjanya, kantor Dispora Jabar, komplek olahraga SPORT Jabar, Jalan Pacuan Kuda, Arcamanik, Kota Bandung, Sabtu (27/5/2017).

Untuk Popda Jabar 2018 sendiri, lanjut Nandang, rencananya akan digelar di Kota Bandung. Selain delapan cabang olahraga yang ditentukan melalui Popwilda Jabar 2017, juga akan dipertandingkan 13 cabang olahraga lain. Sehingga total cabang olahraga yang dipertandingkan di Popda Jabar 2018 sebanyak 21 cabang olahraga.

“Untuk lokasi pertandingan, rencananya kita akan pusatkan di komplek SPORT Jabar Arcamanik. Terkecuali bagi cabang olahraga yang tidak terdapat sarana prasarananya di SPORT Jabar Arcamanik seperti Dayung dan Angkat Besi,” tegasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar